Obat Stress dari Ciamis: Wisata Rock Balancing

Wisata Rock Balancing adalah seni keseimbangan batu yang sedang. Di Sungai Citanduy, Ciamis, wisata ini menjadi kegiatan penghilang stress.

Seni Rock Balancing atau keseimbangan batu mulai diminati oleh warga Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Saat musim kemarau, warga sewaktu senggang sengaja ke sungai Citanduy untuk menyusun batu. Kebetulan saat kemarau sungai menjadi dangkal.

Seperti yang terlihat pada Minggu (8/7/2018), sejumlah warga dari anak-anak, pemuda sampai orang tua turun ke sungai Citanduy tepatnya di blok Leuwi Putri. Mereka mulai menyusun dan menyeimbangkan batu.

Rock Balancing di Sungai Citanduy ini mereka jadikan sebagai salah satu wisata alternatif. Berbekal nasi liwet dari rumah, sambil makan-makan atau botram juga menyusun batu di tepi sungai. Hal itu dilakukan hanya saat musim kemarau saja.

“Awalnya itu setiap musim liburan kemana-mana penuh dan macet, jadi kami warga di sini memilih sungai untuk wisata. Lalu iseng-iseng menyusun batu, jadi sampai sekarang setiap ada waktu senggang,” ujar Kepala Desa Karangkamulyan M Abdul Haris saat ditemui di Sungai Citanduy.

Menurut Haris, seni menyusun batu ini terinspirasi dari media sosial. Warga Karangkamulyan belajar dengan cara otodidak atau menguasai sendiri.

“Jadi yang dewasa sudah mulai mahir menyeimbangkan batu, anak-anak banyak yang berminat jadi ikut belajar,” jelasnya.

Haris berencana akan menjadikan seni Rock Balancing ini sebagai festival tahunan musim kemarau. Rencana itu sudah ada cukup lama, namun karena keterbatasan anggaran belum terlaksana.

“Mungkin tahun depan festival bisa terlaksana, akan lomba menyusun batu, kategorinya bisa yang paling tinggi dan tingkat kesulitannya tinggi,” ungkap Haris.

Sementara itu, Endang (56) salah seorang warga menuturkan Rock Balancing memiliki kepuasan tersendiri saat berhasil menyusun batu cukup tinggi.

“Kalau menyusun batu secara pagoda, atau mengerucut semua orang bisa. Tapi rock balancing ini berbeda ada seninya,” ungkap Endang.

Menurut Endang, menyusun menyeimbangkan batu juga menjadi sarana refreshing. Bisa menghilangkan stress, setelah melakukan rutinitas bekerja sepanjang minggu.

“Batu yang saya susun paling tinggi ada delapan batu, memang tidak mudah perlu konsentrasi dan memilih batu yang cocok untuk disusun,” pungkasnya.

Akhir pekan ini, mungkin Sungai Citanduy di Ciamis bisa jadi tujuan liburan Anda selanjutnya!